Medical Instrumentation Laboratory

Profil

Laboratorium Instrumentasi Medik merupakan salah satu laboratorium di lingkungan Kelompok Keahlian Instrumentasi & Kontrol, Fakultas Teknologi Industri, Institut Teknologi Bandung. Laboratorium yang didirikan pada sekitaran tahun 2006 ini berfungsi sebagai tempat penelitian juga sarana pendukung proses pembelajaran di lingkungan program studi Teknik Fisika.

Sesuai dengan namanya, Lab Instrumentasi Medik memiliki fokus utama penelitian dalam bidang alat-alat bantu medis, instrumentasi / alat ukur biologis, alat tes fisiologis, pengembangan produk dan alat bio-mimicking,  serta bidang pemrosesan citra medis serta modeling dan simulasi sistem tubuh guna keperluan peningkatan kualitas diagnosis dan intervensi medis. Saat ini, Lab Instrumentasi Medik yang didukung oleh beberapa staf peneliti utama, asisten riset dan para peneliti muda yang merupakan para mahasiswa/i dari berbagai strata dan program studi di lingkungan Institut Teknologi Bandung ini masih terus aktif dalam kegiatan riset dan pengembangan bidang keilmuan teknik biomedika serta bioinstrumentasi di Indonesia. Tidak sedikit karya penelitian dari Lab ini yang telah dipublikasikan baik secara ilmiah dalam berbagai jurnal dan proceedings seminar/konferensi maupun secara populer dalam berbagai media massa nasional.

Saat ini, Lab Instrumentasi Medik juga memiliki kegiatan kerjasama dengan beberapa lembaga serta kelompok keahlian lain, baik didalam lingkungan ITB maupun dari universitas lain juga mancanegara. Diharapkan Lab Instrumentasi Medik dapat terus produktif dalam mengisi perkembangan teknologi kesehatan di dalam negeri serta turut berkontribusi dalam perkembangan ilmu pengetahuan dalam bidang rekayasa kesehatan secara umum.

 lambangmedik2