Medical Instrumentation Laboratory

Narendra Kurnia Putra, Ph.D.

Narendra Kurnia Putra, Ph.D.
staff dosen

KK Instrumentasi dan Kontrol, FTI ITB
narendra[at]tf.itb.ac.id
Akun Sinta | GScholar | Scopus

Dr. Narendra meraih gelar doctor of philosophy (Ph.D.) dalam bidang teknik dari Department of Bioengineering and Robotics, Graduate School of Engineering, Tohoku University, Sendai, Jepang pada September 2018. Ketika menempuh studi S-3, ia bekerja di Biofluidic Dynamics Laboratory, Institute of Fluid Science, Tohoku University. Penelitian disertasi doktoralnya berjudul Design Exploration and Optimization of Intravascular Stent using Surrogate Model dibawah bimbingan Prof. Makoto Ohta dan Dr. Hitomi Anzai. Projek penelitian S-3 ini juga bekerja sama dengan Dr. Koji Shimoyama dan Dr. Pramudita Satria Palar dari Aerodynamics Flow Dynamics Lab pada institut yang sama.

Sepulangnya ke tanah air, Dr. Narendra bekerja kembali sebagai asisten akademik di KK. Instrumentasi dan Kontrol dan Prodi Teknik Fisika, FTI ITB hingga pada Agustus 2019 ia diterima sebagai staff dosen baru di Prodi dan KK yang sama. Saat ini, ia disibukkan dengan berbagai kegiatan akademik pengajaran dan pembimbingan di lingkungan Prodi Teknik Fisika ITB. Selain itu, Dr. Narendra aktif dalam beberapa topik penelitian yang berfokus pada analisis biofluidik menggunakan simulasi komputer serta pengukuran biomekanika dalam pengembangan produk. Ia beperan sebagai project leader salah satu penelitian bertema aplikasi simulasi komputer dalam perencanaan dan evaluasi eksperimen biofluidik yang bekerja sama dengan IFS, Tohoku University.

Hingga saat ini, ayah dari satu anak dan suami dari seorang matematikawati ini, telah mempublikasikan beberapa karya ilmiah baik sebagai penulis utama dan penulis serta dalam beberapa jurnal, prosiding dan book chapter. Ia juga berhasil meraih beberapa penghargaan seperti The Best Paper Award’ pada The 5th International Conference on Communications, Infromation Technology and Biomedical Engineering (ICICI-BME 2017) dan ‘The best oral presenter I dalam pertemuan The first Bandung Applied Biomedical and Tissue Engineering Conference in Health (BABTECH 2019).