Medical Instrumentation Laboratory

Ayu Gareta Risangtuni, MT.

Ayu G. Risangtuni, MT.
Asisten Ahli

KK Instrumentasi dan Kontrol
FTI
risangtuni[at]tf.itb.ac.id
Akun Sinta | Gscholar | Scopus

Ayu Gareta Risangtuni atau yang biasa disapa Bu Ayu merupakan salah satu staff dosen di Teknik Fisika ITB. Beliau menyelesaikan pendidikan sarjana di Program Studi Teknik Fisika ITB pada tahun 2009 dan magister di Program Studi Instrumentasi dan Kontrol ITB pada tahun 2012.

Pada jenjang studi S1, Bu Ayu mendalami ilmu bidang kontrol dan instrumentasi industri dengan mengambil tugas akhir dengan topik “Perancangan Sistem Kontrol Pendistribusian Air dengan Metode PID pada Variable Speed Drive” dibawah bimbingan Dr. Edi Leksono dan Dr. Estiyanti Ekawati. Selain itu pasca lulus sarjana, Bu Ayu juga sempat bekerja sebagai staff peneliti pada Pusat Instrumentasi, Kontrol dan Otomasi (Center of Instrumentation Technology and Automation [CITA] ITB). Pada jenjang Magister, Bu Ayu memilih untuk mengaplikasikan ilmu instrumentasi, kontrol dan otomasi dalam bidang teknologi kesehatan dan medis. Dalam studi tesis S-2 beliau, Bu Ayu merancang antarmuka otak-komputer berbasis gelombang ยต untuk aplikasi online.

Beliau bergabung sebagai staff akademik di lingkungan komunitas TF ITB sejak tahun 2015. Saat ini, ibu dari dua orang anak ini tengah menjalani studi tingkat doktoralnya di Prodi S-3 Teknik Fisika ITB dengan judul projek disertasi “Pengembangan Sistem Evaluasi Performa Pasien Fisioterapi Berbasis Soft-Actuator Untuk Terapi Cermin Pada Tangan” yang dipromotori oleh Prof. Yul Yunazwin Nazaruddin (TF ITB), Prof. Andi Isra Mahyuddin (MS ITB) dan Dr. Suprijanto (TF ITB). Saat ini beliau juga aktif menulis karya ilmiah, membimbing beberapa projek tugas akhir sarjana serta mengajar beberapa mata kuliah di program sarjana Teknik Fisika dan Akademi Metrologi, Kemendag RI.