Medical Instrumentation Laboratory

Mengendalikan Kursi Roda dengan Pikiran

Brain Controlled Robotic-Wheelchair Team, Lab Instrumentasi Medik: Dr. Augie Widyotriatmo – peneliti utama (duduk) dan para anggota tim penelitian (ki-ka) Evan Clearesta, Ananta Adhi dan Affan Kaysa (sumber: TEMPO/Aditya Herlambang Putra)

(Bandung – Nov 2013)

Kursi roda adalah salah satu alat bantu yang sudah biasa digunakan oleh para pasien berkebutuhan khusus. Pada saat ini, penggunaan kursi roda pada umumnya dioperasikan secara manual dan secara elektrikal dengan sistem control semacam joystick yang dikendalikan oleh tangan pasien. Namun, ada saatnya ketika penggunaan kursi roda tersebut digunakan oleh seorang pasien dengan kondisi kelumpuhan total yang tidak mampu mengendalikan kursiroda tersebut dengan joystick ataupun secara manual. Pada kasus inilah, para peneliti dari Lab Instrumentasi Medik, berusaha untuk ikut berkontribusi dalam menciptakan sistem integrasi dari kursi roda yang dapat dikendalikan dengan gelombang otak. Diharapkan kursi roda ini dapat digunakan secara mandiri oleh para pasien berkebutuhan khusus yang memiliki keterbatasan sistem motorik secara total.

Project Brain controlled robotic wheelchair ini telah dimulai secara bertahap sejak sekitaran 4 tahun lalu di Lab ini, dimulai dengan pengembangan sistem Brain-Computer Interface (BCI), sistem pengontrolan motor serta penentuan lokasi hingga pengintegrasian sistem tersebut dengan prototype kursi roda. Projek ini tela berhasi menetaskan beberapa hasil publikasi nasional dan internasional serta juga lulusan baik tingkat sarjana maupun magister.

Affan Kaysa mencoba mengendalikan pergerakan kursi roda dengan pikirannya. (sumber TEMPO/Aditya Herlambang Putra)

Pada bulan Oktober lalu, projek robotic wheelchair ini juga dipublikasikan secara populer oleh salah satu media massa nasional, dengan tajuk “Dari Otak turun ke Kursi Roda” yang diterbitkan di Koran Tempo edisi Senin, 21 Oktober 2013. Diharapkan hasil penelitian ini dapat segera diaplikasikan di masyarakat sehingga dapat memberikan dampak dan manfaat yang berarti bagi masyarakat luas. (NK)

tautan:

informasi publikasi tempo

 

admin

Lab Instrumentasi Medik - KK Instrumentasi & Kontrol, FTI - ITB berkegiatan dalam riset yang menyangkut dengan bidang alat ukur fisiologis serta aplikasi bidang teknologi kedokteran, pemrosesan citra medis, simulasi dan pemodelan biomedika juga pengembangan berbagai produk alat bantu medis dan bio-mimicking. Medical Instrumentation Laboratory, Instrumentation & Control Research Group Faculty of Industrial Technology, Institut Teknologi Bandung, Indonesia Currently actives on various researches in Biomedical & Medical Technology field, including the physiological monitoring & measurement devices, medical image processing, biomedical modeling and simulation, therapeutic device and biomimicking

Berita Terkait